Thursday, 12 January 2012

A. Pengertian Bola Basket

Bola basket merupakan cabang olah raga beregu dimana bola basket dimainkan oleh dua regu yang terdiri atas lima pemain untuk masing-masing regu dengan tujuan untuk mencetak angka sebanyak-banyaknya. Seperti dijelaskan dalam peraturan permainan yaitu sebagai berikut :
“ Bola basket dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari lima pemain, setiap regu berusaha untuk memasukkan bola ke dalam keranjang lawan yang mencegah regu lawan memasukkan bola atau mencetak angka. Bola boleh dioper, dilempar, ditepis, digilingkan atau dipantulkan (driblle) ke segala arah sesuai dengan peraturan “ (Perbasi, 1994).

Dalam permainan bola basket pada dasarnya terdapat dua teknnik yaitu (1) Teknik dasar yang meliputi teknik tanpa bola dan teknik dasar dengan bola, (2) Teknik lanjutan yang meliputi teknik bertahan dan teknik menyerang.
Teknik dasar tanpa bola meliputi track, starting dan stopping change of direction, fake and fient, screening, cutting, switching / change, guarding, jumping, body balance, turn in, cross over. Teknik bertahan meliputi : Mematahkan satu lawan satu (man to mandefence) dan teknik bertahan (zone). Teknik menyerang meliputi : mematahkan satu lawan satu, mematahkan pertahanan wilayah, penyerangan ini memperlambat tempo permainan, penyerangan terhadap pertahanan yang ketat / press deference (Pengda Perbasi Jatim, 1989: 3, 6, 14)
Stocker membagi 4 unsur kelompok keterampilan dasar pada permainan bola basket yaitu :
1. Mengoper / menangkap
2. Dribbling
3. Two-count rhytem
4. Tembakan ke basket
Sedangkan Ambler membagi menjadi 5 unsur kelompok keterampilan dasar pada permainan bola basket yaitu :
1. Mengoper / menangkap
2. Dribbling (memantulkan)
3. Shooting (menembak)
4. Mengamankan bola dari musuh
5. Melompat
Soejadi membagi 6 kelompok keterampilan dasar pada permainan bola basket yaitu :
1. Operan
2. Menangkap (Catching)
3. Olah kaki (Foot Work)
4. Melompat (Jumping)
5. Pivot
6. Gerak Tipu (Fake and Fient)
Andrew, Smith. Squance, Russel menyebutkan ketrampilan dasar pada permainan bola basket sebagai berikut: running, cacthing, anda passing, dribling, juggle, pivot, bounce shooting, jumping, rebounding. Setelah itu mereka juga membagi strategi dalam permainan bola basket yang meliputi (1) Stationary screen, (2) Moving Screen, (3) Man to man defence, (4) zoning, (5) weaving of figure eight.
Guire (1971) menjelaskan mengenai sistem pertahanan dalam permainan bola basket. Ia mengatakan bahwa dalam bola basket untuk sistem pertahanan satu lawan satu (man to man defence). Sedangkan dalam sistem menyerang Guire membagi dalam beberapa macam serangan, antara lain:
1. Serangan terhadap zone satu lawan satu
2. Serangan terhadap zone defence dua-tiga
3. Serangan terhadap zone defence dua-satu-dua
4. Serangan terhadap zone defence satu-dua-dua
5. Serangan terhadap tiga-dua
6. Serangan fast break.
Dari uraian di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa pada permainan bola basket terdiri dari teknik, taktik, dan strategi. Untuk menjadi pemain bola basket yang dapat diandalkan tentunya ketiga unsur tersebut di atas harus benar-benar dikuasai. Hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Perbasi bahwa: “ untuk menjadi pemain bola basket yang baik maka harus diperhatikan mengenai latihan peningkatan kualitas fisik, keterampilan dasar yang dikaitkan dengan latihan fisik, latihan teknik dan latihan yang terkait dengan sistem pertahanan dan penyerangan dan latihan strategi “(Perbasi, 1990:4)



Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments: