Thursday, 12 January 2012

Pengertian Wawasan Wiyatamandala.

• Secara etimologi Wawasan adalah : Pandangan,penglihatan,tinjauan, tanggapan.
• Wawasan dalam arti yang lebih luas : Suatu pandangan selain menunjukkan kegiatan untukl mengetahui isi, juga melukiskan cara pandang,cara tinjau atau cara pandang indrawi
• Wiyata secara bahasa artinya pelajaran atau pendidikan.
• Mandala artinya bundaran,lingkaran,lingkungan daerah atau kawasan
• Wiyatamandala adalah : Lingkungan pendidikan atau pengajaran.
• Secara keseluruhan Wawasan Wiyatamanadala adalah Suatu pandangan atau tinjauan mengenal lingkungan pendidikan dan pengajaran.
1 Pada hakikatnya Wawasan Wiyatamandala merupakan :
a. Suatu sikap pandangan dan kesadaran serta tanggungjawab terhadap lingkungan pendidikan yang fungsinya sebagai tempat kegiatan Proses belajar mengajar dan tidak untuk kegiatan yang lain yang tidak mendukung pendidikan
b. Suatu sikap mengahargai dan bertanggung jawab terthadap ,lingkungan sekolah sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan, tehnologi, ketrampilan dan pembentukan kepribadian, memberikan peran kepada semua pengelola pendidikan agar mampu mewujudkan pembentukan manusia Indonesia Seutuhnya.
2. Sekolah sebagai Wiyata Mandala,adalah szuatu8 lingkungan tempat pendidikan yang mempunyai makna :
a. Sekolah harus benar-benar menjadi tempat diselenggarakan proses belajar mengajar, tempat dimana ditanamkan nilai-nilai pangdangan hiadup dan kepribadian ,agama,berbagai macam Ilmu pengetahuan dan tehnologi serta keretampian
b. Sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar belajar mengajar harus diamankan dan dilindungi dari segala macam pengaruh yang bersifat negative yang dapat mengganggu pelaksanaan proses belajar mengajar.
c. Sekolah sebagai masyarakat belajar, tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar yaitu interaksi antar siswa,guru dan lingkungan sekolah. Dalam kehidupan sekolah terdapat berbagai unsur utama yaitu : Kepala Sekolah, guru, Orang tua., siswa, serta fungsi lembaga sekolah itu sendiri, dalam lingkungan kehidupan masyarakat dimana sekolah itu berada.

3 Wawasan Wiyatamanadala mengandung prinsip-prinsip yang terdiri dari :
a. Sekolah merupakan lingkungan pendidikan tidak digunakan untuk tujuan diluar bidang pendidikan
b. Kepala Sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh atas penyelenggaraan pendidikan di sekolahnya.
c. Antara guru dan orang tua siswa harus bada saling pengertian dan kerjasama yang erat untuk mengemban pendidikan.
d. Para warga sekolah didalam maupun diluarlingkungan sekolah,harus senantiasa menjunjung tinggi martabat dan citra guru.
e. Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya dengan teap menjaga terbinanya kerukunan antara warga sekolah.



Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments: